Ekonomi Dan Budaya Dalam Pariwisata Bali

Dengan kata lain, “Vaksin Pariwisata“ itu terletak pada kekuatan implementasi dan konsistensi dalam mentaati protokol destinasi. Meskipun begitu, pemerintah negara yang terkena dampak dari virus corona harus berupaya untuk memulihkan business pariwisata setelah wabah ini berangsur menurun. Dengan demikian, wisatawan bisa bepergian lagi dan kondisi ekonomi bisa kembali stabil. Mengingat jumlah kunjungan yang besar, rata-rata three.000 pengunjung per hari sebelum pandemi, Taman Wisata Candi Prambanan menerapkan protokol kesehatan demi wisata aman dengan berbagai cara.

Bagaimana keadaan pariwisata Indonesia

Bukan hanya dibutuhkan dukungan pemerintah dan arah kebijakan regulasi yang berpihak, melainkan juga dibutuhkan keterlibatan aktif dari para aktor non-pemerintah. Tak hanya menuntut kemudahan akses informasi, komunikasi dan transportasi, melainkan juga keterlibatan para pelaku usaha untuk berinvestasi, adanya pengelolaan secara profesional, hingga kesiapan masyarakat di daerah destinasi pariwisata sendiri. Pandemi Covid-19 berdampak terhadap semua industri di Indonesia bahkan dunia, termasuk industri pariwisata. Jika terus dibiarkan, negara bisa mengalami kerugian akibat industri pariwisata yang terus anjlok.

Selain itu juga, Bali sebagai salah satu daerah yang paling merasakan dampaknya karena wilayah ini sangat mengandalkan sektor pariwisata untuk perkembangan ekonomi. Banyaknya penghargaan pariwisata yang telah diraih ini diharapkan bisa menjadi pendorong masyarakat dan pemerintah untuk bersama-sama mengembangkan sekaligus melindungi wisata yang telah dimiliki Indonesia. Baik dari aspek wisata alam, sektor terkait seperti akomodasi dan transportasi, pemberdayaan manusia, hingga kreasi masyarakat, dapat menjadi modal untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia. Jika masyarakat lokal bisa secara aktif berpartisipasi dalam pariwisata ini, hal tersebut bisa menjadi diferensiasi bagi setiap destinasi wisata di Indonesia.

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, mengaku optimistis dengan geliat pariwisata di 2021 meski dia tetap mengingatkan agar seluruh pihak tetap mengutamakan protokol kesehatan guna mencegah tersebarnya virus corona. Hal yang menarik adalah pemerintah pada saat itu telah menyadari potensi sumber daya alam dan budaya yang dimiliki oleh Indonesia untuk dijadikan daya tarik utama pariwisata Indonesia. Hal ini terbukti setelah forty Agen Bola Online one tahun potensi ini belum berubah berdasarkan laporan World Economic Forum . Hal lain yang menarik adalah selama masa itu pariwisata Indonesia belum beranjak dari bayang-bayang Bali sebagai ikon pariwisata Indonesia. Berdasarkan panduan UNWTO, negara-negara yang selama ini menggantungkan pendapatan melalui sektor pariwisata harus mulai mengembangkan visi pariwisata berkelanjutan .

Insan Pariwisata Indonesia mengapresiasi langkah dan kebijakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang sedang berusaha mempercepat pemulihan pariwisata Indonesia yang terpuruk akibat pandemi covid-19. Taufan yang juga penulis buku Protokol Destinasi ini berpendapat bahwa desa wisata bisa menjadi opsi dari new regular destination. “Ketika wisatawan lokal di bosan di rumahnya, selain staycation di lodge misalnya, dia bisa jalan-jalan ke desa wisata. Dengan desa wisata bisa maju paling tidak UMKM, mesin daripada ekonomi di bisnis mikro,” jelas Taufan. Agar program ini dapat terlaksana dengan baik, Kemenpar menitikberatkan kerjasama antara Dinas Pariwisata bersama dengan masyarakat atau komunitas lokal di masing-masing provinsi. Kerjasama dengan komunitas lokal bertujuan untuk mencari potensi masyarakat atau komunitas lokal yang memiliki potensi dalam berkarya melalui kegiatan kompetisi Jendela Nusantara. Pitres Sambowadile, Penyuluh Sadar Wisata Sulut pernah mengatakan bahwa pemerintah daerah harus bisa memanfaatkan potensi wisata daerah dengan melibatkan masyarakat sekitar.

Contohnya, di dalam memilih maskapai penerbangan tidak lagi semata-mata didorong oleh harga, melainkan keputusan itu akan dipengaruhi oleh standar kebersihan, misalnya kewajiban menggunakan masker, jarak tempat duduk, dll. Sedang di dalam negeri, wisatawan lebih tertarik untuk memilih transportasi pribadi atau kereta api kelas bisnis sehingga mereka dapat tetap aman dan menghindari keramaian. Sandi menyebutkan, melihat perkembangan covid di tahun kedua ini, untuk menggenjot kunjungan pariwisata baik asing maupun domestik dibutuhkan sebuah kolaborasi kolosal.

Kunjungan wisatawan di Asia sangat terengaruh pembatasan perjalanan bagi wisatawan Cina. Tempat wisata yang biasa ramai seperti kuil Senso-ji di Tokyo dan kompleks kuil Angkor Wat di Kamboja telah melaporkan penurunan dramatis jumlah pengunjung. Kementerian Pariwisata Thailand pada 9 Maret melaporkan penurunan 44% untuk Februari.

Selanjutnya upaya pemerintah dalam melakukan penanganan dan pemulihan ekonomi diarahkan pada sisi kebutuhan masyarakat. Adapun terkait sektor Pariwisata masuk dalam skala prioritas, salah satu programnya, yaitu perluasan stimulus konsumsi dengan fokus pada Kelas Menengah. Dalam hal ini dapat dilihat dalam kebijakan PP No.23 Tahun 2020 terkait Prinsip, Pengambilan Kebijakan, dan Modalitas Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Di sisi lain, pihak penyelenggara wisata juga perlu menumbuhkan kepercayaan wisatawan dalam memberikan rasa aman sehat dan nyaman untuk berwisata. Di samping itu semua, koordinasi dari semua pihak terkait sangat diharapkan untuk membawa sektor pariwisata kembali bangkit. Dengan segala upaya ini semua, setidaknya sektor pariwisata mampu menjadijump startyang baik untuk pemulihan ekonomi nasional. Diperkirakan bahwa hampir 9% dari whole angkatan kerja nasional dipekerjakan di sektor pariwisata. Masing-masing pemerintah provinsi dan pemerintah kota/kabupaten mengeluarkan peraturan daerah melalui surat edaran sebagai tindak lanjut keputusan pemerintah pusat terkait PPKM. Salah satunya Kepala Dinas Pariwisata DIY, telah menerbitkan Surat Edaran yang meminta sektor pariwisata untuk memastikan penerapan protokol kesehatan.

Alam bawah laut Wakatobi memiliki 750 spesies karang dari 850 spesies yang ada di dunia. Dibandingkan dengan Red Sea yang hanya memiliki 200 spesies dan Karibia yang hanya memiliki 70 spesies. Bahkan negara Indonesia terkenal dengan kawasan pusat segitiga terumbu karang .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *