Lima Destinasi Wisata Yang Menjadi Ikon Pariwisata Indonesia Di Panggung Dunia

Tidak hanya kearifan lokal, semangat pembangunan pariwisata telah memicu kreativitas lokal. Keunikan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan seperti munculnya Jember Karnval, Festival Payung Solo, Festival a thousand Gandrung Banyuwangi dan ArtJog di Yogya. Bali (your.journey.escape, anniesbucketlist, hidwii, anna_petit_blanc)Bali menjadi bukti bahwa untuk bisa menari perhatian dunia internasional, budaya dan nilai kekhasan tak perlu dikorbankan. Dengan tetap menjaga budayanya, Bali justru mengundang banyak wisatawan asing untuk datang. Di sini, kamu akan banyak menemui sekumpulan wisatawan asing yang sedang menikmati pertunjukan seni dan budaya khas Bali.

“Untuk kembali menghidupkan pariwisata Bali, tidak ada pilihan selain mengendalikan pandemi terlebih dulu dan menjadikannya daerah zona hijau,” jelasnya. Wayan Koster mengungkapkan bahwa Bali telah menyiapkan dua space untuk penerapan free covid hall, yaitu di Nusa Dua dan Ubud. Khusus terkait kondisi Bali di masa pandemi, Gubernur Bali I Wayan Koster menjelaskan dampak Pandemi sangat terasa pada pariwisata dan perekonomian. Untuk pertama kali dalam sejarah, pertumbuhan ekonomi di Bali mengalami kontraksi yang paling dalam sampai mencapai 12 persen. Catatan terburuk selama ini di Bali dan terendah secara nasional dalam 2020,” ungkapnya.

Pandemi COVID-19 meluluhlantakkan seluruh aktivitas pariwisata hingga mati suri. Sekalipun semua orang ingin traveling, kesehatan diri dan keluarga jadi prioritas tertinggi saat ini. “Dulu kita fokus mengejar Thailand, Malaysia dengan berjuta-juta wisatawan internasioal, itu saya singkat wising, saat sekarang wising itu kita masih berharap terus tapi karena Covid ini kita harus kalibrasi. Tetapi ada wisatawan nusantara yang saya singkat wisdom, ini adalah kearifan, kebijaksanaan kita, kita punya lebih dari fifty five juta warga kelas menangah yang sangat mampu dan ingin berwisata,” ujarnya, Kamis, (4/3). Sandiaga Uno menyampaikan sejumlah poin untuk memulihkan sektor pariwisata saat memberikan sambutan di Rakernas PHRI. Negara-negara di Afrika juga telah memerintahkan berbagai langkah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Perguruan tinggi mempunyai peran dalam mencetak SDM dan melakukan riset untuk menjawab kebutuhan industri bidang pariwisata terutama membuat program studi pengelolaan destinasi pariwisata danBusinessmelakukan aktivitas yang berorientasi untuk memenuhi kebutuhan industri pariwisata. Pasalnya, cara paling mudah untuk mendapatkan devisa negara dan perbaikan ekonomi salah satunya melalui sektor pariwisata. Setidaknya, itu terlihat dari data yang dipaparkan Badan Pusat Statistik yang menyatakan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mengalami kenaikan. Pernah menjadi satu dari 7 Keajaiban Dunia, Candi Borobudur saat ini juga digadang sebagai destinasi wisata prioritas oleh pemerintah.

Perkembangan Teknologi saat ini dengan menggunakan perangkat lunak sangat membantu para pengusaha atau pegiat bisnis untuk dapat meningatkan keuntungan selain itu juga meningkatkan efisiensi serta menghemat anggaran pengeluaran. Sejak tahun 2017, Mandalika sudah ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus yang diharapkan mampu mendatangkan wisatawan ke daerah Lombok. Selain itu, pembangunan sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021 juga akan dikebut dalam tahun ini.

Selama lima tahun terakhir jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Gencarnya promosi “Visit Indonesia” ke dunia Internasional mampu untuk menarik minat wisatawan mancanegara berkunjung ke indonesia. Selain berpesan mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan, Sandiaga S. Uno juga menyoroti program 5 destinasi tremendous prioritas sebagai fokus pokok 2021. “Misi utama Kemenparekraf dari Bapak Presiden Joko Widodo adalah untuk membereskan pengembangan 5 destinasi super prioritas. Saya sungguh bersemangat dalam mengembangkan berbagai ide kreatif dengan dukungan kolaborasi dari para pemangku kepentingan industri pariwisata seperti tiket.com, sehingga misi ini dapat segera terwujud”.

Pemerintah tengah menyalurkan program Bantuan Insentif Pemerintah untuk sektor pariwisata. Untuk meyakinkan sektor pariwisata aman dari aksi teror, Sandiaga Uno tetap mengunjungi berbagai lokasi wisata. Salah satu terobosan yang dilakukan di sektor pariwisata meski terkesan tidak biasa namun sukses dilakukan melalui cara yang dipahami masyarakat.

Serupa dengan Wakatobi, Morotai juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Tidak heran kalau kemudian banyak wisatawan yang melakukan aktivitas menyelam di sini. Hal yang lebih menarik adalah Morotai menyimpan artefak sejarah Perang Dunia II secara apik. Di era itu, Morotai digunakan sebagai foundation pertahanan udara yang diperebutkan secara sengit oleh Amerika dan Jepang. Bagi masyarakat Indonesia, nama danau yang punya Pulau Samosir di tengahnya ini pasti sudah familier. Dia kemudian menambahkan bahwa program ini bisa berjalan dengan baik apabila diikuti dengan pelaksanaan vaksin yang lancar.

Pariwisata Indonesia

Kekuatiran lain adalah karena Indonesia tertinggal di belakang dibandingkan Singapura , Malaysia dan Thailand dalam pemeringkatan Travel & Tourism Competitiveness Report 2015. Nah, dalam konteks peringkat berdasarkan energy Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan inilah Indonesia termasuk 10 negara urutan ke atas dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *