Sukseskan Vaksinasi Covid

Kelompok lansia cenderung memiliki berbagai penyakit penyerta atau komorbid yang harus diperhatikan dalam penggunaan vaksin ini. “Oleh karena itu, proses skrining menjadi sangat kritikal sebelum dokter memutuskan untuk memberikan persetujuan vaksinasi,” tegas Kepala Badan POM. Kemudian institusi atau organisasi tersebut bekerja sama dengan Dinkes Provinsi, Kabupaten/Kota lalu menyusun jadwal pelaksanaan vaksinasi massal. Sebab pada penyelenggaraan vaksinasi tahap dua ini, kelompok sasarannya cukup banyak. Mulai dari personel TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara, dan pekerja pelayan publik lainnya. “Bio Farma terus mendukung program pemerintah dengan mendatangkan 25 juta dosis vaksin yang telah kami proses.

SRAGEN – Sejumlah kelompok lanjut usia diatas usia 60 tahun Kabupaten Sragen mulai menerima suntikan vaksin covid-19, Jumat (5/3/2021). Margaretha Endang Sri Purwanti, warga Pasar Kliwon, Solo, saat disuntik vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Bung Karno, Senin (1/three/2021). [Suara.com/Budi Kusumo]Masyarakat lanjut usia di atas 60 tahun dengan penyakit penyerta tetap diperbolehkan menerima suntikan vaksinasi Covid-19, namun dengan syarat penyakitnya sedang tidak kambuh alias sudah terkontrol.

Taspen sebagai BUMN Asuransi Sosial terbesar di Indonesia yang setiap harinya mengurus Pensiunan Aparatur Sipil Negara sangat tergerak untuk mendukung acara vaksinasi lansia. Pemerintah Kabupaten Bekasi menargetkan vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia akan selesai selama dua hari. Bahkan dalam prosesnya, terdapat pula sejumlah fasilitas kesehatan swasta yang dilibatkan.

Pertama, lansia penerima vaksin Covid-19 harus banyak istirahat sebelum menerima vaksin Covid-19. Dokter Penyakit Dalam Sub Spesialis Geriatric FKUI RSCM Ketua PERGEMI, Siti Setiati, menekankan pentingnya mempersiapkan lansia untuk vaksinasi agar vaksin bisa bekerja dengan optimum. Bagi peserta yang berobat rutin untuk penyakit kronis, mohon dapat membawa surat rekomendasi vaksin dari dokter spesialis. Bagi mereka yang datang tanpa mendaftar atau peserta yang datang di luar jadwal tidak akan dilayani.

Datang ke RS sesuai jadwal dengan membawa KTP (Karawang atau non-Karawang). Jika memiliki kondisi-kondisi di atas, maka vaksin baru bisa dilakukan hingga kondisi pasien terkontrol baik. Jika ada 3 jawaban “Ya” atau lebih dari 5 pertanyaan di atas, maka vaksin Covid-19 tidak bisa diberikan.

Bila lansia calon penerima vaksin tidak memiliki telepon genggam, information dirinya akan dikumpulkan oleh petugas setempat. Vaksinasi COVID-19 sangat penting bagi lansia karena kelompok usia lanjut lebih rentan terhadap infeksi virus Corona. Adanya penyakit penyerta dan kondisi fisik yang mulai melemah membuat lansia lebih sulit untuk melawan infeksi, termasuk COVID-19. Vaksinasi Covid-19 untuk lansia tercantum dalam surat edaran nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok sasaran lansia, komorbid, penyintas Covid-19, dan sasaran tunda.

Vaksinasi bagi Lansia

Sekitar 7,5 juta dosis vaksin siap didistribusikan ke 34 provinsi pada Februari 2021. Vaksinasi tahap kedua akan fokus di provinsi wilayah Jawa-Bali sehingga vaksin akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan kurang lebih 70% dari proporsi yang ada saat ini. Golongan masyarakat lanjut usia dengan usia 60 tahun ke atas jadi salah satu kelompok prioritas pada program vaksinasi tahap kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *