Kuliah Jurusan Pariwisata Apakah Masih Diminati?

Namun Menparekraf mengungkapkan, dari target 70% vaksinasi terhadap 34 juta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, hingga saat ini baru tercapai sekitar 3%. JAKARTA – Sebanyak 3.300 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif menjalani vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan di Neo Soho Central Park Jakarta mulai Selasa (8/6) hingga 11 Juni 2021 sebagai upaya pemulihan di industri tersebut. Pembukaan destinasi Candi Borobudur tidak terlepas dari kehati-hatian dalam penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Simulasi penerapan protokol kesehatan di kawasan Borobudur mulai dari pintu gerbang area parkir dengan disemprotkan desinfektan pada kendaraan seperti mobil dan motor. Setelah masuk space parkir, pengunjung turun di space drop off kemudian diarahkan antre dan mengambil jarak untuk cuci tangan menggunakan sabun terlebih dahulu di wastafel yang sudah disiapkan.

Ini akan menjadi pendongkrak kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif secara keseluruhan. Bahkan publik pun tetap khawatir, walaupun pengelola industri pariwisata telah menjamin penerapan protokol kesehatan yang ketat. Industri pariwisata di seluruh dunia terkena dampak yang besar akibat pandemi COVID-19. Seiring dengan memburuknya situasi, dari waktu ke waktu beberapa negara kemudian melakukan berbagai kebijakan pembatasan sosial berskala besar bahkan larangan untuk berpergian untuk mengurangi penularan virus yang lebih luas. Untuk memberikan pelayanan prima dan menjaga keselamatan masyarakat yang melakukan wisata, beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha pariwisata adalah menerapkan standardisasi dan protokol kesehatan yang ketat.

TRIBUNNEWS.COM – Disaat pariwisata di seluruh dunia terdampak parah akibat Covid-19, pariwisata di China justru berkembang pesat. Hal tersebut penting dilakukan oleh destinasi karena selain dapat menjaga cashflow, juga dapat dimanfaatkan untuk meng-engage present market agar selalu teringat dengan destinasi serta upaya promosi secara tidak langsung. Selanjutnya jika masa new normal diterapkan oleh para pemangku kebijakan, maka strategi pre-sales dan booking online untuk goal market domestik dapat dilakukan agar proses recovery dapat dilakukan secara lebih cepat. Jadi dalam hal branding ini, destinasi harus bisa memberikan jaminan CHS beserta providing yang lain secara konsisten baik dalam taktik komunikasi pemasaran maupun dalam hal penyampaian pelayanannya atau service delivery-nya. Caranya adalah dengan menyiapkan dan melaksanakan protokol CHS secara ketat, jangan sampai kecolongan, karena sekali saja kecolongan maka image dan reputasi yang ingin dibangun akan sulit untuk dicapai. Ia pun terus koordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung dalam penanganan pandemi Covid-19, terkait dengan obyek wisata.

Walaupun tempat yang dituju indah dan memiliki budaya yang menarik, namun masyarakat akan melihat apakah protokol kesehatan diterapkan di sana atau tidak,” imbuhnya. JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi virus corona (Covid-19) menghentikan hampir seluruh kegiatan pariwisata dunia. Menurut data Badan Pusat Statistik jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia Februari 2020 mengalami penurunan 28,85persendibanding jumlah kunjungan pada Februari 2019. Selain itu, jika dibandingkan dengan Januari 2020, jumlah kunjungan wisman pada Februari 2020 juga mengalami mengalami penurunan yang cukup signifikan sebesar 30,42 persen bukan hanya di Indonesia, pariwisata dunia pun ikut mendapat imbas dari Covid-19 ini.

• Terkait istilah “pariwisata dan perjalanan berkelanjutan,” 12% wisatawan mengasosiasikan istilah ini dengan mengurangi limbah atau plastik daur ulang. • Para wisatawan juga mempertimbangkan alternatif moda transportasi untuk mencapai destinasi, dengan 34% memilih untuk bepergian jarak jauh menggunakan kereta dibandingkan mobil serta mengurangi jejak karbon. • 98% wisatawan Indonesia mengatakan mereka berencana untuk menginap di akomodasi ramah lingkungan di 2020. Hasil dari survei itu menurut reserving Togel Online Terpercaya.com, menunjukkan adanya peluang untuk memberikan edukasi mengenai opsi pariwisata berkelanjutan yang sebetulnya sudah ada saat ini.

Tempat wisata yang sudah terkenal atau viral di tengah masyarakat sudah pasti akan ramai dengan pengunjung dari berbagai daerah di saat waktu liburan tiba. Situasi ini membuat para traveler memiliki resiko lebih tinggi akan tertularnya virus penyakit. Dari beberapa atraksi di sana di tengah-tengah pandemi amat berkurang pengunjungnya.

Melalui promosi yang dilakukan, kata Wakapendam, masyarakat luas menjadi tahu dan tertarik untuk berkunjung ke objek wisata Air Terjun Bujang Bahar. Senada dengan Pegipegi, Traveloka memprediksi staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021. Selain itu, perjalanan menggunakan kendaraan sendiri, roadtrip, juga akan menjadi pilihan masyarakat dalam melakukan perjalanan wisata.

Sehingga pembenahan destinasi yang dilakukan sesuai dengan normal global manajemen destinasi pariwisata yang berkelanjutan. Terdapat empat kategori dan 104 indikator yang dijadikan pedoman untuk pembangunan destinasi wisata berkelanjutan di Indonesia. Adapun empat kategori tersebut adalah pengelolaan destinasi pariwisata berkelanjutan , pemanfaatan ekonomi bagi masyarakat native , pelestarian budaya bagi Masyarakat dan pengunjung , serta pelestarian lingkungan . Keputusan pemerintah tentang pembukaan tempat wisata tentunya menuai pro dan kontra.

Pariwisata disaat pandemi

Selanjutnya, destinasi yang mungkin akan menjadi pilihan calon wisatawan adalah destinasi yang mampu menjamin keselamatan, kesehatan, dan kenyamanan wisatawan. Dalam hal kesehatan, tentu yang dicari adalah kebersihan dan higienitas, baik dari sisi lingkungan destinasi, akomodasi, maupun ketersediaan makanan minuman. Meeting secara daring saat ini adalah solusi terbaik yang bisa dilakukan disaat pandemi covid-19 masih melanda di Indonesia. Kick off meeting BDS LSIC dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 2 Juni – eight Juni 2020, PUPUK banyak belajar terkait dengan mengenai sanitasi dan bisnis sanitasi yang akan dikerjakan oleh PUPUK di four Target wilayah kerja. “Jumlah pengunjung disaat pandemi seperti sekarang masih sangat minim. Disampaikan oleh pengelola, biasanya jumlah pengunjung diangka a thousand orang, kalau untuk sekarang 500 orang pengunjung saja susah,” kata Maiharman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *