Wabah Prospek Multilevel Marketing

Perusahaan yang sudah terdaftar di APLI akan memiliki kode etik yang harus dipegang teguh untuk menjalankan bisnisnya. Ketika seorang sales mampu menarik minat orang lain untuk ikut berjualan maka mereka akan mendapatkan benefit khusus dari aktivitas berjualan orang yang direktur. Lalu apabila orang tersebut menerapkan hal yang sama kepada orang lain maka akan menguntungkan pihak yang tertinggi, dalam beberapa MLM dikenal dengan istilah top leader.

Ada juga bisnis MLM yang bisa dimuali dengan dan mendapatkan dukungan penuh dari teamnya dan kesemuanya membutuhkan proses dan kerja keras untuk sukses. Seperti yang telah dijelaskan di penjelasan awal, untuk menarik banyak calon anggota, seorang agen harus mengumbar-umbar hadiah menggiurkan. Tujuannya tentu saja agar mereka termotivasi untuk bergabung. Namun, banyak yang meragukan bisnis ini, karena sistem perekrutannya yang dibarengi dengan iming-iming bonus yang kadang sulit masuk di akal, misal seperti hadiah kapal pesiar, dan hadiah mewah lainnya. Meskipun hadiah itu benar-benar diberikan untuk mereka yang berhasil mencapai goal.

Tetapi memang Open Office tidak setenar seperti Microsoft Office, mungkin tidak banyak orang pun yang mengetahui akan software program yang satu ini. [newline]Meskipun software program perkantoran yang Open Office lebih mendukung disemua OS dibandingkan dengan Microsoft Office, Open Office lebih sering digunakan pada platform Linux. Jika Microsoft Office memang lebih sering digunakan untuk Windows dan Macintosh. Bahkan Open Office diklaim bisa berjalan secara lebih baik disetiap OS.

Cara untung dari bisnis MLM

Target yang jelas (Kesalahan no. 2) dan komitmen sebetulnya merupakan satu kesatuan yang saling mendukung. Kadang-kadang kita merasa frustrasi dengan perkembangan bisnis kita, tapi selama kita tetap berkomitmen untuk mencapai goal, kita akan kembali bersemangat. Jika usaha seperti ini masih berjalan saat ini, bisa jadi karena memang belum ada aturan pemerintah yang jelas tentang bisnis MLM dan pyramid scheme. Semoga pemerintah Indonesia bertindak cepat dan tegas untuk melindungi rakyat dari aneka praktek bisnis ilegal.

Bahkan harganya juga jauh melebihi harga obat non generik sekalipun. Hal inilah yang memberatkan orang untuk masuk dalam bisnis MLM. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, merekrut anggota MLM baru adalah salah satu tugas utama dalam bisnis MLM ini. Semakin banyak anggota MLM yang Sweet Bonanza tergabung, maka bisa dikatakan akan semakin banyak produk yang terjual. Akan tetapi, konotasi dari bisnis MLM sendiri sudah dalam lensa negatif di mata masyarakat Indonesia. Tidak jarang juga kasus di mana anggota MLM dijauhi oleh teman-teman dan keluarganya karena takut diprospek.

Hasil nilai perusahaan ini hanya bisa memberikan suatu kisaran nilai, bukan nilai yang tepat atau nilai pasti dari suatu aset. Sebaliknya, dari sisi kita, dengan harga reseller Rp11,000 itu, margin laba kotor kita berapa? Artinya, per transaksi dengan reseller tadi, kita untung Rp88,000. Padahal, ongkos kirimnya sekali jalan misalnya Rp30,000 kalau pakai jasa pengiriman motor same-day.

Pemikiran ini ada disebabkan karena suatu perusahaan MLM yang tidak baik manajemennya dan juga individu pelaku bisnisnya. Di dalamnya terdapat bentuk ghoror (spekulasi tinggi atau untung-untungan) yang diharamkan syari’at. Karena anggota tidak mengetahui apakah ia bisa menarik anggota yang lain ataukah tidak. Pemasaran berjenjang atau sistem piramida jika berlangsung, suatu saat akan mencapai titik akhir. Dari yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk bisa menggaet anggota baru seringkali MLM menyiasatinya dengan menawarkan berbagai hadiah yang begitu menggoda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *