Yuk Ketahui Bagaimana Hukum Trading Saham Dalam Islam!

Badan keuangan seperti OJK bahkan sudah memastikan tidak ada unsur perjudian dalam melakukan perdagangan saham. Karena transaksi yang dilakukan adalah jual beli layaknya perdagangan yang terjadi di pasar. Dan untuk perdagangan saham tentunya dilakukan secara sah didalam pasar modal yang sudah dikelola oleh badan keuangan negara. Saham sendiri merupakan sebuah muamalah yang dihalalkan karena termasuk dalam kegiatan syirkah. Investasi maupun buying and selling saham biasanya menjadi pilihan favorit para investor untuk mendapatkan keuntungan dalam finansial. Namun sebagian orang masih ragu untuk bermain saham, karena takut keuntungan yang didapat adalah hasil dari bunga/ riba dari transaksi buying and selling yang dilakukan.

Dalam investasi, kamu bisa menentukan batas risiko yang disesuaikan dengan kemampuan untuk menanggung risiko. Stop loss digunakan untuk mencegah terjadinya kerugian besar yang tidak dapat ditoleransi. Umumnya, batasan tersebut berkisar 5-10% dari nilai saham. “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari jual beli hashoh dan melarang dari ghoror” (HR. Muslim no. 1513). Untuk transaksi ini berarti kerugian usaha ditanggung oleh pemilik modal, bukan para pekerjanya selama kerusakan bukan terjadi karena kecerobohan pekerja. Sedangkan keuntungan usaha semuanya menjadi hak pemilik modal.

Salah satu hal yang dibahas adalah mengenai masalah ijab qabul di mana PT tidak memiliki ijab dan qobul seperti pada masalah syirkah. Contoh sederhananya, saat ini , saham LPCK masih cenderung dijauhi orang karena alasan tertentu, tapi saya pribadi lebih memilih tetap meng-hold saham ini. Kalau saya sih memilih yang ketiga, selama dasar pertimbangannya benar dan tidak gegabah. Moderat – Cenderung sudah berani mengmbil resiko, tapi tetap memperhatikan imbal hasilnya. Umumnya merasa nyaman mengambil resiko untuk investasi yang memiliki prospek hasil yang lebih. Contohnya, saham HRUM, KKGI, PTBA, BUMI, MYOH dan lainnya masuk dalam sektor saham batubara/tambang.

Ekonomi berbasis syariah mulai banyak dicintai oleh masyarakat Indonesia. Meskipun, pertumbuhannya melambat di tahun 2018 lalu, kini mulai memperlihatkan kondisi yang baik. Pangsa dari aset perbankan syariah masih berada di bawah 10%. Dalam praktiknya ini manjadi salah satu pengaman untuk kamu mengurangi rugi lebih jauh, reduce loss menjadi andalan di dalam manajemen resiko investasi. Laba yang dibagikan nantinya akan menyesuaikan dengan saham yang pernah ditanam di perusahaan B tersebut. Berinvestasi harus membutuhkan waktu, disiplin, dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang baik.

Cara bermain saham yang halal

Bahkan, banyak juga yang beranggapan bahwa saham termasuk dalam bentuk judi. Berikut akan dibahas lebih lengkap tentang saham dalam Islam, apakah saham termasuk dalam investasi yang diharamkan atau tidak. Jika anda buka situs broker tertentu, umumnya anda akan disajikan instrumen analisis pergerakan harga. Biasanya tampilannya berbentuk skala, dan merupakan hasil refleksi dari analisis robotik. Jadi, wujudnya adalah analisis otomatis dengan instrumen analisis berupa mesin. Nah, begitu pula cerminan analisis pergerakan di pasaran bursa.

Dengan berinvestasi saham Syariah, maka Anda juga bisa mendapatkan keuntungan namun tetap halal. Jangan lupa untuk melakukan analisa dulu sebelum berinvestasi saham. Trading saham juga mengandung unsur spekulasi (untung-untungan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *